PROMO SUZUKI MAKASSAR DEALER RESMI MOBIL SUZUKI MAKASSAR DP RENDAH ANGSURAN MURAH DISKON BESAR SEGERA HUBUNGI SALES YANG TERTERA DI WEBSITE INI
Menu
Model
Beranda » Artikel » Jenis Air Radiator Mobil

Jenis Air Radiator Mobil

Dipublish pada 12 September 2021 | Dilihat sebanyak 11 kali | Kategori: Artikel

Jenis Air Radiator Mobil – Halo Suzuki Makassar, Tentu Menyenangkan Bepergian jauh dengan kendaraan individu. Apa lagi menjelang akhir minggu atau liburan panjang, tentu telah mempunyai banyak gagasan untuk pergi berlibur bersama rekan atau keluarga.

jenis air radiator mobil

Jenis Air Raditor Mobil Dan Cara Penanganannya

Ada satu rutinitas salah yang sering terjadi saat berkendaraan jarak jauh, yakni buka penutup radiator mobil saat mesin sedang panas.

Akhirnya, penutup itu dapat psikis, selanjutnya cairan radiator mobil yang panas turut menyemburkan sampai mempunyai potensi mencederai.

Terlihat sepele, tetapi penting jadi perhatian. Itu yang berjalan di saat lakukan buka-tutup radiator mobil. Bila itu kerap dilaksanakan, tidak cuma cedera tapi dapat menghancurkan per dan katup yang berada di dalam tutup radiator mobil.

Menurut panduan yang dikeluarkan oleh Manual Book Suzuki, dianjurkan tidak untuk kerap buka tutup radiator karena bisa tingkatkan risiko hancur pada tutupnya.

Karena jelek dari rusaknya tutup radiator mobil ialah overheating, yakni temperatur panas mesin ada di atas normal.

Dampak Panas Berlebih Di Radiator Mobil

Dampaknya langsung bisa ke mesin, yang mana mesin mobil akan kedengar aneh, kurang memiliki tenaga, boros bahan bakar, bahkan juga berhenti di tengah-tengah jalan.

Katup pada radiator mobil ada dua, yaitu katup pencet dan katup vakum. Ke-2 katup berikut yang berganti-gantian keluarkan dan menghisap hingga air berputar-putar dari bak reservoir (bak cadangan) ke radiator.

Nach, ke-2 katup pada tutup radiator mobil berikut yang kemungkinan alami kerusakan jika tutup radiator mobil kerap dibuka. Karena kerusakan itu, perputaran air selanjutnya jadi tidak baik.

Yang tambah jelek kembali, lama-lama volume air radiator makin sedikit karena tumpah keluar lewat bak reservoir. Kekurangan jumlah air berikut yang selanjutnya memacu berlangsungnya overheating.

Keadaan overheat pada mobil terjadi saat suhu mesin melewati batasan yang dapat ditolerir. Ada beberapa factor pemicunya, misalkan berkendaraan kelamaan atau mekanisme pendinginan mobil yang telah hancur dan yang lain.

Saat jarum di tanda temperatur telah dekati merah, benar-benar sangat dianjurkan mobil stop buat pendinginan. Tetapi, buat pengatasan, janganlah sampai buka penutup radiator ya, karena tidak ada fungsinya.

Saat mobil alami overheat, penekanan dalam radiator sedang tinggi-tingginya. Jika penutup dibuka, karena itu penekanan itu menggerakkan cairan keluar secara cepat dan benar-benar berkesempatan mencelakakan kamu. Untuk menghindar hal yang tidak diharapkan, Segera Lakukan Hal Ini.

Langkah Buka Tutup Radiator Mobil saat Mesin Panas

Perlu waspada bila dengan harus terpaksa buka tutup radiator mobil saat mesin panas maupun overheat karena penekanan tinggi di dalam radiator karena panas.

Check Radiator Hukumnya Harus!

Langkah buka tutup radiator mobil saat mesin panas atau overheat konsepnya sama dengan saat mesin dingin tapi kita perlu memakai kain tebal dan lumayan lebar untuk menghindar air panas menyemburkan dari radiator mobil.

Simpan kain lap basah yang tebal dan lebar di atas tutup radiator. Yakinkan tangan dengan status aman dan nikmat dapat memutar tutup radiator dan meredam saat penekanan air radiator mulai keluar.

Putar tutup radiator bersimpangan arah jarum jam dikit demi sedikit atau putar kurang dari 45 derajat. Dengar suara mendesis dari tutup radiator, jika kedengar suara mendesis, yakinkan tahan dengan kuat pada status itu sampai suara mendesis lenyap.

Baca Juga – Cara Jumper Aki Mobil

Cara Membuka Tutup Air Radiator Mobil

Bila suara mendesis telah lenyap, putar kembali tutup radiator perlahan-lahan hinga secara mudah tutup radiator lepas.

Perlu dicatat, jangan sampai menambah air radiator mobil saat mesin masih panas karena habis air radiator, uap panas akan menyemburkan keluar demikian air dingin dimasukkan pada radiator yang pada keadaan mesin overheat.

Lebih bagus nantikan mesin dingin, sehingga kamu cukup menyisih dan matikan mesin untuk pendinginan.

Tipe dan Jenis air radiator mobil

Untuk jaga temperatur mesin masih tetap konstan dibutuhkan mekanisme pendingin yang bekerja untuk buang panas mesin yang dibuat proses dari pembakaran yang terjadi.

Cairan pendingin atau coolant memiliki peran yang penting pada proses jaga temperatur kerja mesin karena ia jadi media mediator pelepasan panas dari mesin.

Bisa dipikirkan, jika coolant dalam radiator kurang, karena itu ini dapat menyebabkan mesin overheat atau panas terlalu berlebih yang tentu saja untuk menjaga panjang dapat menyebabkankomponen dalam mesin jadi hancur.

Karena mempunyai peran yang penting, minimal ada 4 tipe cairan pendingin yang umum dipakai oleh beberapa pemilik mobil, perlu diketahui Ciri dan keunggulan masing-masing tipe cairan dan kerugiannya apa.

Ketahui 4 Tipe Air Radiator Mobil, Kelebihan, Kekurangan dan Perannya Masing-Masing

  • Air biasa

Banyak pengendara sampai sekarang ini masih memakai air biasa, baik itu air keran atau air mineral sebagai cairan pendingin pada radiator.

Air biasa mempunyai titik didih yang rendah (sekitaran 100 derajat celcius) hingga berkadar evaporasi tinggi.

Pada keadaan yang berlebihan misalkan terjerat dalam kemacetan pada siang hari air biasa akan kerepotan jaga temperatur mesin hingga semakin lebih cepat habis karena alami evaporasi.

Air biasa karena banyak memiliki kandungan mineral bisa memunculkan karat dan kerak dalam periode waktu panjang.

Dalam kasus enteng, permukaan pipa logam yang terserang karat akan terkikis dan menutup pipa pada bagian yang kecil, seperti pada tabung radiator.

Dalam kasus yang lebih berat, karat yang terjadi akan menggerus permukaan pipa dan membuat jadi bocor. Oleh karenanya pemakaian air biasa benar-benar tidak dianjurkan sebagai cairan radiator.

  • Radiator Coolant

Radiator coolant sebagai cairan yang diformulasi khusus untuk mempernyerap panas dan menahan korosi atau karat pada material logam.

Umumnya Radiator coolant mempunyai kandungan khusus berbentuk air tanpa mineral, zat anti-beku propylene glycol, dan pencegah karat.

Kandungan propylene glycol membuat cairan radiator punyai titik didih semakin tinggi, sekalian titik beku lebih rendah daripada air biasa.

Tingginya titik didih membuat radiator coolant terbebas dari evaporasi saat bersinggungan dengan suhu tinggi mesin kendaraan. Pendingin tipe ini mempunyai titik didih sekitaran 10 derajat celcius semakin tinggi dari air biasa.

  • Radiator Super Coolant

Berlainan dengan radiator coolant biasa, Radiator super Coolant saat akan dipakai harus dicairkan lebih dulu memakai air bersih dengan perbedaan 50:50.

Dengan perbedaan pencairan yang sama sesuai, radiator super coolant akan mempunyai titik didih yang tinggi, yaitu dapat capai sejumlah 130 derajat celcius.

Karena mempunyai titik didih yang tinggi, karena itu radiator super coolant akan semakin banyak mempernyerap panas dari mesin tanpa cemas alami evaporasi dan habis.

  • Antifreeze dan Coolant Protector

Tipe coolant yang paling akhir nyaris serupa dengan coolant awalnya yakni radiator super coolant, yakni saat akan dipakai umumnya harus dicairkan ditambah dengan memakai air bersih.

Tetapi, untuk memakainya Teman dekat oto perlu sesuaikan dengan cuaca di mana mobil kita dipakai. Misalkan di cuaca tropis, perbedaan yang dapat dipakai ialah 50:50.

Titik didih yang dipunyai oleh Antifreeze dan Coolant Protector tidak berbeda jauh dengan Radioator Super Coolant, tetapi plus tambahan Antifreeze, cairan tipe ini pas untuk dipakai di keadaan sub tropis karena tidak membeku saat ada di temperatur dingin yang berlebihan.

Itulah Cara Mengetahui Jenis Air Radiator Mobil Dan Cara Penanganannya, Segera Hubungi Bengkel Terdekat Suzuki Makassar.

Untuk Pembelian Mobil Suzuki Makassar Segera Hubungi : CIKITA Sales Counter Suzuki

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya
promo suzuki makassar

PROMO SUZUKI MAKASSAR

Dipublish pada 16 April 2021 | Dilihat sebanyak 42 kali | Kategori: Artikel

PROMO SUZUKI MAKASSAR PT. Megahputera Sejahtera Pemegang Merk Mobil Suzuki Di Sulawesi Selatan, Meliputi Wilayah Makassar, Maros, Pangkep, Sidrap, Parepare, Sengkang, Palopo, Toraja, dan Enrekang. Kami Memberikan Promo Terbaik Untuk Anda Yang Ingin Melakukan Pembelian Mobil Suzuki Baik Secara Kredit... selengkapnya

fungsi lampu sein mobil

Fungsi Lampu Sein Mobil

Dipublish pada 12 September 2021 | Dilihat sebanyak 11 kali | Kategori: Artikel

Fungsi Lampu Sein Mobil – Halo Suzuki, Jadi bagian utama selainnya mesin untuk kendaraan motor, baik itu motor dan mobil. Elemen ini terhitung dalam mekanisme pencahayaan pada mobil, saat dihidupkan lampu sein mobil warna kuning. Hidup lampu sein disebabkan karena... selengkapnya

Cara Membersihkan Mobil

Dipublish pada 20 September 2021 | Dilihat sebanyak 8 kali | Kategori: Artikel

Cara Membersihkan mobil Suzuki adalah tipe perawatan pada mobil yang dapat dilaksanakan dimanapun. Dimanapun di sini tujuannya dapat dilaksanakan di rumah atau bawa mobil ke bengkel bersihkan mobil paling dekat. Tentu saja tidak ingin bukan, jika menyaksikan mobil pada kondisi... selengkapnya

CONTACT SALES

promo suzuki makassar

Dealer Resmi Suzuki PT. MEGAHPUTERA

Makassar, Sulawesi Selatan

Phone – 085 228 801 801

Whatsapp – 085 228 801 801

Email : cikita.intan0202@gmail.com

VISITOR

246491
Users Today : 12
Users Yesterday : 12
This Month : 186
This Year : 2864
Total Users : 2864
Views Today : 23
Total views : 248902
error: